komunikasi bisnis

KOMUNIKASI BISNIS
Hasil gambar untuk logo gunadarma
Disusun oleh
Nova srianti
NPM : 18214022
Kelas :  4EA12










Analisa Organisasi & Metode  Pada Suatu Perusahaan (PT.Gajah Tunggal Tbk)
 



 Didirikan pada tahun 1951, PT. Gajah Tunggal Tbk. memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak itu Perusahaan bertumbuh menjadi produsen ban terpadu terbesar di Asia Tenggara.Perusahaan memperluasan produksi dengan membuat variasi produk melalui produksi ban sepeda motor tahun 1971, diikuti oleh ban bias untuk mobil penumpang dan komersial di tahun 1981. Awal tahun 90an, perusahaan mulai memproduksi ban radial untuk mobil berpenumpang dan truk, dan Pada bulan Mei 2004, Gajah Tunggal dan Michelin menandatangani perjanjian kerja sama yang dipusatkan pada produksi ban untuk mobil penumpang untuk pasar yang dilayani oleh Michelin di luar Indonesia dan kegiatan distribusi di Indonesia .Tambahan informasi bahwa Michelin juga memiliki 10% saham Perusahaan pada akhir tahun 2009.
Saat ini Gajah Tunggal adalah produsen ban terpadu terbesar di Asia Tenggara. Mereka memproduksi dan menjual ban berkualit as tinggi untuk mobil penumpang, SUV, mobil niaga, off-road, industry dan sepeda motor. Mereka juga mempoduksi dan menjual produk yang berhubungan dengan ban, seperti karet sintetis, karet ban, ban dalam, flap, o-ring dan lainnya , dan salah satu produk mereka yang sudah dikenal oleh masyarakat umum ialah GT Radial .

Struktur Organisasi
     Untuk membuat roda perusahaan berjalan efesien, efektif dan optimal, maka sebuah perusahaan yang telah mempekerjakan sejumlah tenaga kerja tentunya akan membagi sumber daya manusia tersebut dalam bagian-bagian yang sesuai dengan keahliannya, sehingga masing-masing individu memiliki gambaran yang jelas tentang posisi, fungsi dan haknya.Pembagian dan susunan tugas tersebut kita kenal dengan istilah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi perusahaan merupakan sebuah garis hierarki yang mendeskripsikan  kompenen-komponen yang menyusun perusahaan dimana setiap individu (sumber daya menusia) yang berada pada lingkup perusahaan tersebut memiliki posisi dan fungsi masing-masing. Komunikasi horizontal merupakan bentuk komunikasi secara mendatar dimana terjadi pertukaran pesan secara menyamping dan dilakukan oleh dua pihak yang mempunyai kedudukan sama, posisi sama, jabatan se-level, maupun eselon yang sama dalam suatu organisasi. Menurut Daft (2003), komunikasi bentuk ini selain berguna untuk menginformasikan juga untuk meminta dukungan dan mengkoordinasikan aktivitas. Komunikasi horizontal diperlukan untuk menghemat waktu dan memudahkan koordinasi sehingga mempercepat tindakan (Robbins, 2001). Kemudahan koordinasi ini menurut Liaw (2006) disebabkan adanya tingkat, latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang relatif sama antara pihak-pihak yang berkomunikasi, serta adanya struktur formal yang tidak ketat.

Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah :

a)    Memperbaiki koordinasi tugas
b)   Upaya pemecahan masalah
c)    Saling berbagi informasi
d)   Upaya pemecahan konflik
e)    Membina hubungan melalui kegiatan bersama 

Keuntungan dari Komunikasi Horizontal :
-   Adanya dialog antara komunikator dengan komunikan, sehingga menimbulkan kepuasan diantara kedua belah pihak
-    Informasi yang diterima menjadi lebih jelas, lebih akurat dan lebih tepat, karena diperoleh langsung penjelasannya
-      Memunculkan rasa kekeluargaan, dan kekerabatan
-      Menghindari kesalah pahaman
Kelemahan dari Komunikasi Horizontal :
-      Informasi yang disampaikan lebih lambat, sehingga kurang efisien
-      Keputusan tidak dapat diambil dengan cepat
-     Memberikan kesempatan kepada komunikan untuk bersikap menyerang, sehingga suasana  bisa menjadi kurang kondusif
-   Memberi kemungkinan timbulnya masalah yang tidak ada relevansinya dengan masalah yang sebenarnya.
Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjadi antara atasan dan bawahan dalam organisasi. Robbins (2001) menjelaskan bahwa komunikasi vertikal adalah komunikasi yang mengalir dari satu tingkat dalam suatu organisasi/kelompok ke suatu tingkat yang lebih tinggi atau tingkat yang lebih rendah secara timbal balik. Dalam lingkungan organisasi atau kelompok kerja, komunikasi antara atasan dan bawahan menjadi kunci penting kelangsungan hidup suatu organisasi. Bahkan menurut Stoner dan Freeman (1994), dua per tiga dari komunikasi yang dilakukan dalam organisasi antara atasan dan bawahan berlangsung secara vertikal, sehingga peran komunikasi vertikal sangat urgen dalam organisasi.
Komunikasi Vertikal juga terbagi lagi menjadi dua, yaitu :
-      Komunikasi Ke bawah
Komuniksi ke bawah mengalir dari pucuk pimpinan oraganisasi membawa pesan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mengarahkan bawahan.
-      Komuniaksi ke Atas
 Komunikasi ke atas mengalir tegak lurus ke atas dari satu tingkatan ke tingkatan yang lebih tinggi dalam  organisasi. Arus komunikasi yang efektif membantu memotivasi  para karyawan untuk melaksanakan pekerjaan mereka secara efesien. (R)

 Menurut  stoner ( 1996:300) secara formal bagia – bagian sebuah organisasi
a.     Struktur organisasi  berdasarkan fungsi (Fungsional )
Menggabungkan  semua orang yang terlibat  dalam suatu kegiatan atau  beberapa kegiatan terkait menjadi  satu bagian . sebagai  contoh sebuah  organisasi  dibagi berdasarkan fungsi  bila mempunyai  bagian – bagian produksi , pemasaran , dan penjualan yang secara terpisah .

b.     Struktur  organisasi  berdasarkan produk/ pasar
Struktur  organisasi  berdasarkan produk  adalah  struktur  organisasi  yang mengumpulkan  dalam satu  unit kerja  semua yang  terlibat dalam  produksi dan pemasaran dari sebuah  produk atau kelompok  produk  yang terkait dan berhubungan dengan tipe pelanggan tertentu.

c.       Struktur  Organisasi  Matriks
Pada organisasi  ini ada 2  jenis struktur  secara serempak. Bagian  fungsional tetap ( permanen ) memiliki wewenang  atas pelaksanaan  standard profesional unit mereka, sementara tim proyek  diciptakan  sejauh yang dibutuhkan  untuk menjalankan  program-program  khusus . Anggota  tim diambil dari berbagai bagian fungsional , dan melapor kepada  manajer proyek , yang bertanggung    atas kerja tim.  Kemudian masing – masing  struktur  tersebut tentu terdapat  personil- personil  yang membidangi  tugas dan fungsi  masing – masing dikenal sebagai  jabatan  perusahaan . susunan  organisasi tersebut  biasanya dibentuk atas kesepakatan  para pemilik perusahaan .

 


 Keterangan  :
 Secara  vertikal  adalah  garis yang tegak lurus  dari atas kebawah ,  dalam gambar diatas menyatakan bahwa  :
1.     President director  mempunyai  wewenang / kekuasaan  dalam  memimpin perusahaan   dan mempunyai tingkat jabatan  yang paling tertinggi
2.      Dibawahnya  terdapat  karyawan yang  berbeda   dari segi bidang  terdiri dari  Corporate sectary &corporate comunication, Executive Director, Executive  direktur global corporate strategy officer, Executive Director global  business Development officer.
3.     Dibagian Executive Director,dibagi  lagi menjadi 2 bagian  divisi yaitu  Executive vice president   dibagi lagi dan  mempunyai fungsi   sebagai Financial system  reengineering , Special investmens projects  lalu Finance Director  dibagi lagi dan  bertugas  sebagai  Finance accounting special project,  Finance planning analyzing&costing,Finance,Accounting and tax ,Information Technology.
4.     Executive Director global  business Development officer dibagi menjadi 2 bidang yaitu , Quality Assurance  dan   didalam Procurement director terdapat  Raw Material Purchases, Machineries&spare parts  purchases
Dan Other purchases                                

Horizontal adalah terletak pada garis atau bidang  yang sejajar / garis secara mendatar. Dalam gambar diatas  menjelaskan bahwa :

1.     Executive Director sejajar  dengan kedudukannya  Executive  direktur global corporate strategy officer, Executive Director global  business Development officer , mereka mempunyai kedudukan yang sama yaitu Executive namun memiliki bidang yang berbeda  namun mereka bisa bekerjasama  dalam satu tim .




 Tugas
1.President  director
·        Memimpin seluruh dewan  atau komite  eksekutif
·        Mengambil keputusan  mempunyai tanggung jawab penuh atas perusahaan

2.Corpate sectary
·        Memberikan masukan terhadap direksi
·        Sebagai penghubung  antar mitra

3.Executive director
·        Orang ke dua  yang  dipercaya  oleh president director  untuk mengatur dan bertanggung jawab atas  aktifitas organisasi /perusahaan
4. Executive  direktur global corporate  strategy officer
·        Melakukan analisis  terhadap kondisi perusahaan
·        Mengembangkan sasaran tahunan  dan strategi jangka pendek dan jangka  panjang
·        Menerapkan strategi yang cocok untuk perusahaanya
·        Menganalisis potensi pasar
5.Executive  director  global  business development officer
·        Sebagai marketing  untuk mencapai  target penjualan
·        Mengembangkan  produk 

Visi , Misi  dan  Nilai – Nilai  Perusahaan      
1.     Visi perusahaan
Menjadi good corporate citizen  dengan posisi keuangan yang kuat  , pemimpin pasar diindonesia  dan menjadi  perusahaan produsen ban  yang berkualitas  dengan reputasi  global .

2.       Misi Perusahaan
Menjadi  produsen yang memimpin dan terpercaya  sebuah  produk ban yang optimal ,dengan  harga  yang kompet
Itif dan kualitas  yang unggul disaat  yng sama meningkatkan  ekuitas  merek produk.


3.      Nilai Perusahaan
Yang biasa dikenal sebagai GT yaitu
a)     Service
b)    Passion
c)     Integrity
d)    Respect
e)     Innovation
f)      Teamwork
 Organisasi  & Metode
 Analisa
 Dari bagan struktur PT . Gajah  Tunggal Tbk  diatas   bahwa struktur  organisasi perusahaan  mereka  berdasarkan  fungsi  dari masing – masing bagian  seperti  secara  vertikal  dari atas  sampe bawah , disini posisi teratas  oleh president director yang mempunyai fungsi yang tertinggi dalam mengatur  perusahaan  dan  posisi terbawah finance director
Struktur Organisasi PT. Gajah Tunggal Tbk
 ·
         Devisi  finance mereka hanya melakukan kegiatan  fungsi  finance seperti  finance accounting  special project  saja karna dalam divisi lainnya  sudah mempunyai fungsi  dalam project   namun dalam metode  ini sangat  cocok dalam sebuah perusahaan besar, karena dalam perusahaan besar  saja yang perlu  adanya pembagian  agar kegiatan  yang dilakukan secara efesien dan efektif
Sisi Manajemen
Dalam perusahan  PT Gajah  Tunggal tbk ini  menggunakan  POC ( Planning , Organizing, Controling ) yang dilakukan oleh masing- masing pimpinan  divisi
Kesimpulan
PT Gajah Tunggal ini memilih struktuk organisasi fungsional yang dilakukan secara  vertikal maupun horizontal , dari posisi teratas sampe divisi terbawah  mempunyai fungsi  masing – masing devisi ,  agar  berjalan   lebih efektif dan efisien
Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini